Selasa, 07 Desember 2010

pengenalan swi prolog

Nama File : prolog

Nama Program : Swi Prolog

Listing Program

?- consult (test)

?- mama (andi,mina)

?-mama (andi,sinta)

?-trace,mama (andi,mina)

Logika Program :

Pada pertemuan kali ini akan membahas tentang prolog. Kali ini menggunakan swi prolog. Untuk membuat suatu program menggunakan prolog, hal yang pertama harus dilakukan adalah kita klik New,kemudian save nama filenya, Misalkan nama filenya adalah :test. Setelah di save maka akan muncul notepad,kemudian kita akan masukkan data dalam program yang kita buat pada notepad tersebut. Untuk lebih jelas lihat gambar di bawah ini :

Pada file notepad test diatas saya memasukkan dua buah data yaitu mama(andi,mina) dan mama(andi,sinta). Setelah itu kita save notepad tersebut dan lakukan perintah :

?-consult(test).

Perintah consult diatas berfungsi untuk menggunakan file yang telah kita buat. Dalam hal ini fie yang kita buat bernama test.Jika hasilnya true maka file test sudah dapat digunakan. Untuk lebih jelasnya bias dilihat pada gambar dibawah ini :

Setelah itu langkah selanjutnya yaitu lakukan pengecekan apakah data yang telah kita masukkan tadi sudah ada atau sesuai dengan yang dimasukkan di notepad. Caranya yaitu lakukan perintah :

?-mama(andi,mina). (tekan enter)

?mama(andi,sinta). (tekan enter)

Setelah sintaks diatas dilakukan kemudian akan muncul hasilnya true atau false. Jika true maka sintaks diatas sesuai dengan data yang ada di notepad. Jika hasilnya false maka sintak diatas tidak sesuai dengan data yang ada di notepad. Umtuk lebih jelasnya kita bisa lihat gambar yang ada di bawah ini :

Selanjutnya adalah perintah trace. Perintah trace digunakan untuk menspesifikasikan bagaimana prolog menjawab pertanyaan. Jadi prolog mencoba memeriksa dari daftar data yang ada sampai tercapai tujuan yang ingin dicari. Jika ada maka akan muncul tulisan call lalu kita enter kemudian akan muncul tulisan exit lalu kita enter lagi, terakhir akan muncul tulisan true karena data itu memang ada di dalam program yang kita buat. Jika tidak ada maka akan keluar tulisan failed. Untuk lebih jelasnya hasil dari programnya adalah seperti dibawah ini.

Hasil output diatas memperlihatkan bahwa pemeriksaan data yangg diinput ada. Maka hasilnya menjadi true.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar