Selasa, 07 Desember 2010

contoh grafkom menggunakan pelles c 2d

Listing program :

gluLookAt(0,0,25,1,1,1,0,5,0);

glBegin(GL_TRIANGLES);

glColor3f(1,0,1);

glVertex2f(7,14);

glVertex2f(4,11);

glVertex2f(10,11);

glEnd();

glBegin(GL_TRIANGLES);

glColor3f(0,0,1);

glVertex2f(4,11);

glVertex2f(7,8);

glVertex2f(10,11);

glEnd();

glBegin(GL_QUADS);

glColor3f(0,1,1);

glVertex2f(2,8);

glVertex2f(2,3);

glVertex2f(12,3);

glVertex2f(12,8);

glEnd();

glBegin(GL_LINES);

glColor3f(1,0,0);

glVertex2f(-2,5.5);

glVertex2f(2,5.5);

glEnd();

glBegin(GL_LINES);

glColor3f(1,0,0);

glVertex2f(12,5.5);

glVertex2f(16,5.5);

glEnd();

glBegin(GL_LINES);

glColor3f(0,1,0);

glVertex2f(7,3);

glVertex2f(5,-1);

glEnd();

glBegin(GL_LINES);

glColor3f(0,1,0);

glVertex2f(7,3);

glVertex2f(9,-1);

glEnd();

Logika program :

Pada pertemuan kali ini kita akan mambahas tentang program pelles c. Untuk kali ini kita akan membuat suatu gambar yang sadah diberikan. Kita lihat koding yang pertama,disitu tertulis gluLookAt,itu kita pakai untuk menentukan sudut pandang terhadap program yang kita buat. Kemudian ada glColor3f, maksudnya untuk memberikan warna terhadap output yang kita buat. Ada 3 warna dasar pada program ini yaitu merah hijau biru secara berurutan. Selanjutnya adalah glBegin untuk memulai koding yang kita buat,didalam glBegin kita tulis gambar apa yang akan kita buat,missal yang pertama adalah segitiga. Maka yang kita tulis adalah GL_TRIANGLES. Selanjutnya adalah penulisan untuk menentuka koordinat yang akan kita buat,koding yang digunakan adalah glVertex2f,itu artinya koordinat 2 dimensi yaitu x dan y dengan tipe float,bias juga dengan menggunakan integer tinggal mengubah f menjadi I, menjadi glVertex2i. pada koding yang pertama ada 3 koordinat ada karena kita akan membuat segitiga. Untuk yang pertama adalah glVertex2f(7,14);. Maksudnya kita akan membuat titik di koordian x 7 dan y 14. Kemudian ada glVertex2f(4,11); yang artinya koordinat yang akan dibuat pada x=4 dan y=11. Yang ketiga adalah glVertex2f(10,11); yang artinya pada x 10 dan y 11. Kemudian kita ketik glEnd(); untuk mengakhiri koding pertama untuk pembuatan segitiga.

Koding yang kedua adalah segitiga, sama seperti pada koding pertama kita harus membuat 3 glVertex2f setelah sebelumnya kita tuliskan glColor3f dan glBegin yang disertai didalamnya GL_TRIANGLES. Vertex yang pertama adalah 4,11. Maksudnya kita buat titik di koordinat x=4 dan y=11. Yang kedua 7,8 yang artinya titik di koordinat x=7 dan y=8. Yang ketiga yaitu 10,11 yang artinya titik di koordinat x=10 dan y=11. Selanjutnya ketik glEnd() untuk mengakhiri koding yang kedua.

Yang ketiga adalah kita akan membuat persegi panjang. Koding yang akan kita pakai adalah GL_QUADS. Pertama-tama kita ketikkan glBegin(GL_QUADS); untuk memulai koding lalu glColor3f untuk memberikan warna pada output tersebut. Lalu kita buat 4 vertex karena kita akan membuat persegi panjang yang terdiri dari empat titik. Yang pertama adalah glVertex2f(2,8); artinya kita buat titik di koordinat x=2 dan y=8. Selanjutnya adalah glVertex2f(2,3); yang artinya kita buat titik di koordinat x=2 dan y=3. Kemudian ada glVertex2f(12,3); yang artinya kita buat titik di koordinat x=12 dan y=3. Yang terakhir ada glVertex2f(12,8) artinya kita akan membuat titik di koordinat x=12 dan y=8.

Yang keempat adalah kita akan membuat garis,disini kita akan membuat garis yang berbeda di tiap vertexnya. Dengan begitu berarti kita akan membuat 4 koding untuka 4 garis. Koding yang digunakan adalah GL_LINES. Pertama dan seperti biasa kita ketikkan glBegin(GL_LINES); untuk memulai lalu kita ketikkan glColor3f untuk memberikan warna pada outputnya. Selanjutnya kia buat koordinatnya, yang pertama yaitu glVertex2f(-2,5.5); artinya kita buat titik di koordinat x=-2 dan y=5.5. kemudian ada glVertex2f(2,5.5); yang artinya kita buat titik di koordinat x=2 dan y=5.5. lalu kita ketikkan glEnd(); untuk mengakhiri program yang kita buat. Untuk 3 koding pembuatan garis lainnya cara yang digunakan sama seperti yang dijelaskan sebelumnya, kita hanya perlu mengganti vertex untuk menentukan titik pada koordinat yang akan kita buat.

Pada pembuatan program di bahasa pemrograman pelles c ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti salah satunya tidak boleh ada spasi di penulisan kodingnya, lalu perhatikan pula pemakaian huruf capital karena akan mempengaruhi pada pembuatan program serta jangan lupa untuk menambahkan titik koma di setiap akhir koding.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar