Jumat, 19 November 2010

sistem pakar

Soal :

1.Tahukah anda apa yang dimaksud Sistem Pakar ?(sebagai bagian dari pembahasan Kecerdasan buatan yang sudah kita kenal)
2.Sebutkan contoh Sistem Pakar yang kalian kenal
3.Jelaskan konsep dasar dari Sistem pakar dengan schema dan penjelasan sesuai dengan pengetahuan anda.

Jawaban :

1. Sistem Pakar merupakan salah satu bidang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), definisi Sistem Pakar itu sendiri adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk mengambil keputusan seperti keputusan yang diambil oleh seorang pakar, dimana Sistem Pakar menggunakan pengetahuan (knowledge), fakta, dan teknik berfikir dalam menyelesaikan masalah-masalah yang biasanya hanya dapat diselesaikan oleh seorang pakar dari bidang yang bersangkutan.

Dalam pengembangan suatu Sistem Pakar, pengetahuan (knowledge) mungkin saja berasal dari seorang ahli, atau merupakan pengetahuan dari media seperti majalah, buku, jurnal, dan sebagainya. Selain itu pengetahuan yang dimiliki Sistem Pakar bersifat khusus untuk satu domain masalah saja.

Semakin banyak pengetahuan yang dimasukan kedalam Sistem Pakar, maka sistem tersebut akan semakin baik dalam bertindak, sehingga hampir menyerupai pakar yang sebenarnya.

a. Ciri Sistem Pakar :

  1. Memiliki informasi yang lebih handal.
  2. Mudah di modifikasi dan dapat beradaptasi.
  3. Dapat digunakan dalam berbagai jenis komputer.

Tujuan :

Ø Membuat mesin menjadi lebih pintar (tujuan utama)

Ø Memahami apa itu kecerdasan (tujuan ilmiah)

Ø Membuat mesin lebih bermanfaat (tujuan entrepreneurial)

2. Contoh system pakar antara lain :

1) DELTA : Pemeliharaan lokomotif listrik disel

2) DENDRAL : Mengidentifikasi struktur molekular campuran yang tak dikenal

3) FOLIO : Menbantu memberikan keutusan bagi seorang manajer dalam hal stok broker dan investasi

4) Prospector : Digunakan di dalam geologi untuk membantu mencari dan menemukan deposit

5) SOPHIE : Analisis sirkit elektronik

6) XCON & XSEL : Membantu konfigurasi sistem komputer besar

7) MYCIN : Diagnosa penyakit

3. “Konsep Dasar Sistem Pakar” mencakup beberapa persoalan mendasar, antara lain siapa yang disebut pakar, apa yang dimaksud dengan keahlian, bagaimana keahlian dapat ditransfer, dan bagaimana sistem bekerja.

Pakar adalah orang yang memiliki pengetahuan, penilaian, pengalaman, metode khusus, serta kemampuan untuk menerapkan bakat ini dalam memberi nasihat dan memecahkan masalah. Pakar biasa memiliki beberapa konsep umum. Pertama, harus mampu memecahkan persoalan dan mencapai tingkat performa yang secara signifikan ebih baik dari orang kebanyakan. Kedua, pakar adalah relatif. Pakar pada satu waktu atau satu wilayah mungkin tidak menjadi pakar di waktu atau wilayah lain.

Biasanya pakar manusia mampu melakukan hal berikut : Mengenali dan merumuskan persoalan, Memecahkan persoalan dengan cepat dan tepat, Menjelaskan solusi tersebut, Belajar dari pengalaman, Menyusun ulang pengetahuan, Membagi-bagi aturan jika diperlukan, Menetapkan relevansi Keahlian adalah pengetahuan ekstensif yang spesifik terhadap tugas yang dimiliki pakar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar